Tes CAT Panwascam Akan Digelar Terpusat di SMKN 1 Selong

Koordinator Devisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Lombok Timur, Suaidi Mahsun

Lombok Timur, Hariannusra.com - Memasuki hari terakhir pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan   (Panwascam) Sabtu, 8 Oktober 2022, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lombok Timur melakukan beberapa persiapan menjelang dilaksanakannya Computer Assisted Test  (CAT).


Masa pendaftran Panwascam sebelumnya diperpanjang dikarenakan belum terpenuhinya 30 persen kuota perempuan di 15 Kecamatan.


"Agar proses rekrutmen tetap berjalan sesuai timeline yang telah disusun, kita akan lanjutkan ke tahapan berikutnya meskipun 30 persen kuota perempuan belum terpenuhi pada hari terakhir besok" terang Koordinator Devisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Lombok Timur, Suaidi Mahsun.


Suaidi mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan penelitian berkas administrasi para pendaftar calon Panwascam.


"Yang mendaftar pada periode pertama tanggal 1 sampai 27 September ada 728 orang, saat ini kami sedang melakukan penelitian berkas adminsitrasi dan diumumkan 12 Oktober mendatang" Ungkapnya (07/10).


Baca juga: Panwascam Bisa Berasal Dari Luar Domisili Kecamatan


Setelah dinyatakan lulus administrasi, Calon anggota Panwascam  kemudian akan mengikuti Tes CAT yang akan dipusatkan di SMKN 1 Selong pada tanggal 14 sampai dengan 16 Oktober 2022.


Suaidi menjelaskan, Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak sekolah dan memantau lansung ketersediaan fasilitas yang akan digunakan dalam pelaksanaan tes CAT tersebut.


Dalam pelaksaan Tes tersebut, pihak SMKN 1 Selong telah menyiapkan 7 ruangan dengan total 200 unit komputer yang dapat digunakan beserta satu orang oprator  pada tiap ruangan dengan didampingi petugas dari Bawaslu Kabupaten.


Dari tes CAT tersebut, kemudian akan mengerucut menjadi 6 orang dengan nilai tertinggi di tiap kecamatan yang kemudian akan megikuti tahapan seleksi selanjutnya.


Baca Juga: Bawaslu Lotim Umumkan Rekrutmen Panwascam


Suaidi lanjut menjelaskan, dikarenakan banyaknya peserta yang akan mengikuti tes, pelaksaanan CAT setiap harinya akan dibagi menjadi tiga sesi.


"Banyaknya pendaftar akan kita siasati dengan menggunakan sesi waktu dan hari, perharinya akan ada 3 sesi dan persesinya diikuti 200 orang dengan waktu 120 menit"  Paparnya.


Adapun soal yang akan digunakan dalam tes tersebut dijelaskan Suaidi, telah disiapkan oleh Bawaslu RI yang juga akan lansung melakukan monitoring melalui Bawaslu Provinsi NTB. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra