Bawaslu Lotim Walk Out Saat Rapat Pleno Terbuka DPS, Tuntut Pleno Ulang Tingkat PPK Selama 2 Kali 24 Jam

Komisioner Bawaslu Walk Out Saat Rapat Pleno Terbuka DPS Pemilu 2024


Lombok Timur, Hariannusra.com - Anggota Komisisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lombok Timur,  melakukan aksi walk out saat Rapat Pleno Terbuka.


Aksi tersebut dilakukan saat rapat Pleno Terbuka rekapiltulasi penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur. 


Ketua Bawaslu Lombok Timur, Retno Sirnopati mengatakan  aksi tersebut dilakukan karena tidak dapat menerima hasil rekapitulasi DPS yang disampaikan oleh KPU. 


Rento mengatakan, hasil rekapitulasi yang disampaikan telah terjadi perubahan sehingga jumlah DPS sangat jauh berbeda dengan yang telah diplenokan sebelumnya di tingkat PPK. 


"Kita tidak menerima, hasil rekapitulasi di 21 kecamatan 100 persen berbeda" Ujar Retno sesaat setelah meninggalkan ruang pleno, (05/04). 


Ia lanjut menjelaskan, bahwa pleno merupakan forum terbesar untuk membahas rekapitulasi sehingga setelah pleno di PPK ditetapkan semestinya tidak ada perubahan apapun. 


"Segala bentuk perubahan, penambahan atau pengurangan seharusnya pada forum resmi yakni di Pleno, bukan setelah peleno", ucap Retno. 


Akibatnya, Bawaslu Lombok Timur, meminta dilakukan pleno ulang ditingkat PPK, karena perubahahan rekapitulasi  di tingkat PPK dan KPU. 


Pihaknya menyebut perubahan rekapitulasi DPS tersebut tersebut tidak dapat dipertanggung jawabkan dan dengan tegas meminta Pleno ulang di tingkat PPK tersebut dilakukan dalam waktu 2 kali 24 jam kedepan. 


"Rekomendasi Bawaslu wajib untuk ditindak lanjuti. dan jika tidak dijalankan maka ada mekanisme lain yakni penanganan pelanggaran" Tegasnya. 


Dalam Rapat Pleno terbuka tersebut  ditetapkan rekapitulasi dengan jumlah TPS sebamyak 4.010, jumlah pemilih laki-laki sebanyak 487, 452, pemilih perempuan sebanyak 510.092 dan total DPS 997.544. (HN) 

PT. Dafy Medi Nusra