Jelang Musim Hujan, UPT BLUD PKM Sikur Gencarkan Sosialisasi cegah Penyakit DBD

Kepala UPT BLUD Puskesmas Sikur, Rina Ekawati, S.ST, MM. 


Harian Nusra, Lombok Timur - Demam berdarah atau DBD adalah penyakit yang menular melalui nyamuk yang terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia. Gejala DBD yang umum adalah demam tinggi dan gejala seperti flu. 



Sementara itu, pada DBD yang parah, kondisi ini bisa menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba dan bahkan kematian.



Jutaan kasus infeksi demam berdarah dengue terjadi di seluruh dunia setiap tahunnya. DBD paling sering terjadi di Asia Tenggara, pulau-pulau Pasifik barat, Amerika Latin dan Afrika. 



Namun kini penyakit ini telah menyebar ke daerah baru, termasuk wabah lokal di Eropa dan bagian selatan Amerika Serikat.



Cara terbaik untuk mencegah infeksi yang terjadi karena gigitan nyamuk ini, adalah dengan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi populasi nyamuk.



Seperti yang di lakukan UPT BLUD PKM Sikur, Para Petugas Kesehatan tetap melakukan Sosialisasi dan Himbauan dengan Penyelidikan Epidemiologi (PE) kerumah Pasien.


"Untuk mengantisipasi terkena DBD, ya  Kita tetap melakukan Penyelidikan Epidemiologi  ke rumah pasien" Ungkap Rina Ekawati,  Kepala Puskesmas Sikur. Rabu, 08-11-2023.



Selain dengan Pemberantasan sarang nyamuk, Pihak Puskesmas juga melakukan Survei jentik yang dilakukan dengan abatesasi atau pemberian serbuk Abate pada tempat-tempat yang di genangi Air, Termasuk Bak Mandi.



" Ya kita juga memberikan serbuk Abate pada tempat-tempat yang digenangi air, termasuk bak mandi" Ucap Rina.



Selanjutnya, Kasus DBD dari bulan Oktober sampai saat ini masih Nihil.



"Alhamdulillah dari bulan Oktober sampai dengan Saat ini kasus DBD di UPT BLUD PKM Sikur masih belum ada (Nihil)" tutup Kapus yang ramah senyum ini. (LRK)



PT. Dafy Medi Nusra