2 Kapal Muat 544 Ribu Liter BBM Diamankan Ditpolairud Polda NTB


Lombok Timur, Hariannusra.com - Dua kapal asal Palembang diamankan petugas Kepolisian di Pelabuhan Labuan Haji Lombok Timur pada jum'at 16 September 2022.


Kapal tersebut memuat 544 ribu liter Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar yang dibawa dari PT. Cahaya Petro Energi Palembang kepada PT. Tripatra Nusantara Labuan Haji dengan menggunakan 2 kapal yang masing-masing bermuatan 272.400 liter BBM.


Salah satu sumber kepada wartawan di tempat kejadian mengatakan, kedatangan kapal tersebut secara bertahap dimana salah satu kapal Harima datang terlebih dahulu pada hari kamis (15/09) dan


Ia menerangkan, Kapal tersebut diamankan ketika sedang bongkar muat BBM ke kapal lain yang juga sandar di pelabuhan tersebut tanpa melalui pemeriksaan dokumen dan mendapatkan izin bongkar muat olah syahbandar setempat.


"Kapal kedua, Anggun Nusantara tiba hari ini sekitar jam 11, informasinya pun membawa BBM dan belum melakukan bongkar" Ucapnya


Sementara di tempat terpisah, Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Artanto menjelaskan kapal tersebut diduga membawa BBM yang disembunyikan di dalam kapal ikan.


“Memang betul, kemarin kami lakukan penindakan terhadap diduga pelaku yang membawa dan melakukan pengisian ratusan ribu liter BBM,” jelas Artanto.


Artanto mengayakan saat ini pihak Ditpolairud  melakukan penyelidikan dengan menggali keterangan dari saksi-saksi.


“Kami harus dalami, mulai dari kemana BBM itu dibawa, apakah akan dijual, dijualnya berapa, dan informasi-informasi lain kami akan dalami,” imbuhnya, Apakah ada unsur tindak pidana atau tidak, kami masih dalami,” Ujarnya (FR)

PT. Dafy Medi Nusra