99 Kelompok Ternak Calon Penerima Bansos di Kumpulkan Disnakeswan Lotim

Pertemuan kelompok calon penerima bansos dengan Disnakeswan Lotim

Lombok Timur, Hariannusra.com - Puluhan Calon penerima Batuan Sosial (Bansos) Ternak dikumpulkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lombok Timur di Aula Dinas tersbut belum lama ini. Kegiatan tersebut berlansung 7-8 September 2022 


Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Zulfan Ashri mengatakan pengumpulan kelompok ternak tersebut bertujuan untuk memberikan pembinaan, mengevaluasi serta mempersiapkan pelaksanaan kegiatan kedepannya. 


"Merupakan kewajiban kami untuk monitoring dam pembinaan kepada kelompok-kelompok ini" Jelasnya. 


Zulfan juga mengatakan pihaknya rutin melakukan koordinasi dan mendapatkan laporan triwulan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di 10 Kecamatan terkait kondisi kelompok peternak lapangan.


Adapun jumlah penerima manfaat pada tahun ini berjumlah 74 Kelompok peternak sapi, 12 kelompok peternak kambing, 12 kelompok ayam petelur dan 3 kelompo ayam pedaging. 


Zulfan melanjutkan sampai saat ini program tersebut dalam tahapan pelelangan dan bulan depan sudah mendapatkan pemenang tender. Ia memperkirakan kegiatan tersebut sudah berjalan pada awal Oktober nanti. 


"Sesudah pemenang tender sudah menyiapkan barang maka lansung kita eksekusi, kira-kira awal bulan oktober atau minggu kedua bulan oktober nanti" Ujarnya. 


Berdasarkan hasil verifikasi sebelumnya, kelompok peternak telah memenuhi syarat meskipun terdapat kekurangan pada administrasi seperti buku tamu dan plang kelompok ternak. 


Zulfan berharap pula kelompok-kelompok tersebut mengurus kelengkapan kelompoknya untuk memenuhi kriteria penerima bantuan lainnya yang bersumber dari APBN. 


"dari dana APBN sendiri kita ada jenis bantuan konsentrat pakan. kelompok-kelompok ini harus segera mengurus kelengkapan di Desa kemudian nanti didaftarkan untuk mendapatkan SK Bupati. lalu kemudian nanti penyuluhan akan mendaftarkan kelompok tersebut di Simluhtan" 


PT. Dafy Medi Nusra