Dinas PUPR Lotim Optimis SPAM Selatan Rampung Tahun Ini

Kepala Dinas PUPR Lombok Timur, Marhaban


Lombok Timur, Hariannusra.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lombok Timur optimis merampungkan Proyek Saluran Pipa Air Minum (SPAM) Pantai Selatan dalam waktu dekat. Proyek yang dibiayai dari hibah Bank Dunia senilai Rp. 151 Miliar ini bisa dinikmati masyarakat pada Januari tahun depan.


Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lombok Timur, Marhaban, menjelaskan bahwa Bank Dunia sudah mulai meninjau beberapa proyek di Lombok Timur seperi Sembalun, TPA Ijobalit dan Pantain Selatan beberapa waktu yang lalu.


"Insyaallah kita optimis di Tahun 2023 SPAM selatan dapat dinikmati oleh masyarakat yang ada di wilayah selatan Lotim" Jelasnya (12/09)


Marhaban menjelaskan, adapun tugas Pemerintah Kabupaten dalam mendukung proyek SPAM Pantai Selatan berupa menyiapkan Detail Engineering Design (DED), Dokumen Studi Kelayakan/Feasibility Study (FS) dan UKL-UPL telah rampung dan diserahkan ke pusat.


Dukungan lain dari Pemkab Lotim berupa penyiapan lahan pembangunan reservoi di beberapa titik melalui proses appraisal pun diakui Marhaban telah rampung.


Ia melanjutkan, telah menerima informasi terbaru dari pihak pusat bahwa proyek SPAM pantai selatan Lotim akan segera di tender


Adapun sasaran dari Proyek SPAM Pantai Selatan ini menyasar 5 kecamatan di wilayah selatan seperti, Kecamatan Sakra, Sakra Barat, Sakra Timur, Keruak dan Jerowaru. Jamun dari 5 kecamatan tersebut ada dua Kecamatan prioritas yakni Jerowaru dan Keruak.


"Dari 150 liter perdetik dari Empat sumber mata air tersebut. Jerowaru dan Keruak kebagian 80 liter per detik dan itu jangan diganggu gugat itu yang saya bilang"  singkat Marhaban.

PT. Dafy Medi Nusra