ANBK SMP di Lotim Berjalan Lancar

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Lotim. Izzudin

Lombok Timur, Hariannusra.com - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SMP tahun 2022 sudah selesai pada Kamis lalu (05/). Secara umum pelaksanaan ANBK berjalan lancar. Namun, sejumlah kendala kecil tetap terjadi saat pelaksanaan ANBK.


Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan ANBK. Meski sudah pernah dilaksanakan sebelumnya, belum semua sekolah siap. Mengingat tahun 2021 tingkat keberhasilan ANBK di Lombok Timur terbaik di NTB.


Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur Izzuddin menjawab Barbareto.Com Sabtu (01/10/2022)."Secara keseluruhan pelaksanaan ANBK berjalan lancar, hanya saja sempat terkendala sistem karena diakses secara bersamaan seluruh Indonesia,"jelasnya.



ANBK sendiri Lanjut Izzuddin, merupakan program dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia bertujuan untuk memotret atau menilai pelaksanaan pendidikan di Indonesia dan mengambil kebijakan ke depan. Yang dimana fokus penilaian ANBK tahun ini diantaranya Literasi Numerasi, Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. 



"Ini kan Program Pusat, tetapi yang menjadi fokus penilaian adalah Literasi dan Numerasi,"imbuhnya.



Masih kata Izzuddindin, kendati semua Sekolah belum memiliki fasilitas pendukung untuk pelaksanaan ANBK, Sekolah memberlakukan sesi."dengan adanya Sesi yang diberlakukan Sekolah tidak menghambat jaringan internet untuk pelaksanaan ANBK,"Ujarnya.



Lebih jauh dijelaskan Izzuddin, Pihaknya kini sedang fokus untuk menambah prasana pembelajaran, disamping mempertahankan kesuksesan Lombok Timur menjadi Kabupaten yang tingkat kesuksesan pelaksanaan ANBK tertinggi di NTB. 


"Kami berharap dengan suksesnya pelaksanaan ANBK, Kementerian memberikan Lombok Timur Kebijakan afirmatif yakni dengan ditambah nya jumlah chromebook,"pungkasnya. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra