Pamsimas Punik Datu Penuhi Kebutuhan Air Bersih 500 KK di Lendang Nangka

Gotong Royong Pembangunan Pamsimas Punik Datu Lendang Nangka

Lombok Timur, Hariannusra.com - Desa Lendang Nangka memiliki beberapa sumber mata air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat Lendang Nangka.


Seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan elevasi sumber matai air yang lebih rendah dibandingkan dengan pemukiman penduduk membuat beberapa wilayah di Desa Lendang Nangka tidak terjangkau aliran air. 


Melalui Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) kebutuhan akan air bersih  di Desa Lendang Nangka ditargetkan bisa terpenuhi.


Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Punik Datu Desa Lendang Nangka Kecamatan Masbagik, Wendi Sazali disela kegiatan pembangunan pamsimas mengatakan, dengan adanya pamsimas ini nantinya bisa mengaliri dua kewilayahan di Desa Lendang nangka dengan jangkuan 3,6 Km.


Wendi menjelaskan, Total anggaran Pamsimas tersebut berjumlah Rp 444 juta yang bersumber dari APBN sebesar Rp 400 juta, Swadaya masyarakat sebesar Rp 43 juta dan 1 juta dalam bentuk incash.


Ia Berharap dengan adanya bantuan Pamsimas Pemerintah Desa (Pemdes) nantinya memiliki rencana untuk penataan sampah, mengurangi angka stanting dan memenuhi tujuan 5  pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

"Kami sangat berharap ada inovasi dari Pemdes nantinya setelah bisa mensuplay air ke 2 kewilayahan" harap Wendi (05/20)


Wendi lanjut menjelaskan, sesuai dengan kalender kerja, pembangunan pamsimas di targetkan selesai dalam  80 hari kerja sehinngga pada tanggal 25 Desember mendatang sudah dilaksanakan serah terima dengan Pemerintah Provinsi NTB.


Ditempat yang sama Kepala Desa Lendang Nangka, Lalu Muhammad Isnaini mengapresiasi Pemerintah atas terlaksananya pembangunan Pamsimas di Lendang Nangka.


Isnaini meyakini dengan adanya pamsimas yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat  merupakan program yang baik untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.


"Dengan terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan  air bersih sangat berperngaruh terhadap kesehatan masyarakat" Ungkapnya.


Isnaini mengatakan masyarakat Lendang Nangka sangat peduli akan adanya pamsimas yang ditandai dengan terpenuhinya dana dari swadaya masyarakat sebesar Rp 43 Juta untuk mendukung program tersebut. 


Pamsimas Punik Datu ditargetkan akan memberikan suplay air bersih kepada 500 Kepala keluarga (KK) di dua Kewilyahan yakni Kampung Masjid dan Dalem Lauq Desa Lendang Nangka.


Dijelaskan Isnaini Pengelolaan Pamsimas kedepannya akan dilaksanakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) unit Penyediaan Air Minum Desa (Pamdes)


"Kami berharap nantinya masyarakat bisa menjaga sarana Pamsimas yang sudah diberikan kepada masyarakat" Tutup Isnaini. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra