Sukseskan WSBK 2022 dan G20, Imigrasi Mataram Gelar Operasi Gabungan Timpora di Lombok Barat



Lombok Barat, Hariannusra.com - Untuk mensukseskan dua  event Internasional yakni G20 di Bali dan juga Event Internasional World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika Lombok,  Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Kanwil Kemenkumham NTB menggelar Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) mulai dari tanggal 10 sampai dengan 11 November 2022 yang dilaksanakan di Kabupaten Lombok Barat.


Selain itu, Kegiatan oprasi gabungan tersebut juga dilaksanakan untuk mengoptimalkan peran dan fungsi Timpora Lombok Barat dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing di wilayah Lombok Barat.


Kepala Devisi Keimigrasian, Parlindungan saat memberikan arahan kepada anggota Timpora menekankan pentingnya sinergitas antar lembaga guna mensukseskan kegiatan tersebut.


“Dengan luasnya wilayah kerja Imigrasi Mataram yang meliputi 4 kabupaten dan 1 kota, maka perlu untuk membentuk tim guna melakukan pengawasan orang asing dengan melibatkan berbagai instansi”, jelas Parlindungan pada Jumat, 11 November 2022.


Parlindungan menjelaskan, kegiatan tersebut melibatkan unsur Kepolisian, Kejaksaan Negeri, TNI dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang menjadi dua tim. Sebelum turun ke sasaran oprasi gabungan tim tersebut, terlebih dahulu melakukan briefing teknis.


Dua tim yang talah ditentukan tersebut kemudian turun ke sasaran masing-masing seperti penginapan,  cafe, restoran dan bar yang berada di wilayah Lombok Barat.


"Hasilnya, tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian baik yang dilakukan oleh WNA maupun oleh sponsornya", terangnya.


Sementara itu, Kepala Sub Seksi Komunikasi Keimigrasian, Komang Artha Wijaya, saat ditemui seusai kegiatan oprasi gabungan, mengapresiasi sinergi antar instansi yang tergabung dalam Timpora tersebut. 


“Puji syukur kegiatan operasi gabungan dengan melibatkan berbagai instansi ini telah selesai dengan baik, kami mengapresiasi kerja keras dan kerjasama tim di lapangan demi menekan angka pelanggaran yang dilakukan oleh orang asing” ungkapnya.


Ia menjelaskan pentingnya sinergi antar instansi dalam wujud Timpora di saat Indonesia sedang menjadi tuan rumah 2 perhelatan internasional sekaligus. 


“Sebagaimana yang kita ketahui saat ini Indonesia menjadi tuan rumah G20 dan NTB menjadi tuan rumah WSBK 2022, untuk itu penting bagi kami untuk bersinergi bersama guna meminilasir potensi-potensi permasalahan yang mungkin ditimbulkan oleh orang asing, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat”, ujarnya. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra