Dengan Aplikasi SIAPkerja, CPMI Bisa Mendaftar lewat Smarphone

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Timur, M Hairi


Lombok Timur, Hariannusra.com- Diterapkannya sistem layanan digital Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAPkerja) mempermudah Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) untuk mendaftar dan mendapatkan informasi. 


Sebelumnya CPMI mendaftarkan diri dengan sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKO TKLN) dengan dibantu oleh pegawai Dinas Tenga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). 


Kepala Disnakertrans Lombok Timur, M. Hairi mengatakan, layana SIAPkerja merupakan branding baru dari Kementrian Ketenagakerjaan dengan penyempurnaan di berbagai segi dari Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker) yang terdahulu. 


Dengan demikian, terang Hairi, saat ini CPMI cukup mendaftar menggunakan smartphone dari rumah tidak seperti sebelumnya yang dilaksanakan secara terpusat di kantor Disnakertrans. 


Hairi lanjut menjelaskan, CPMI lebih mudah dan bebas memilih negara tujuan dan jenis pekerjaan sesuai dengan keahliannya. 


Meski demikian, CPMI tentunya perlu meningkatkan keterampilan dan kompetensi sebelum bekerja yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi dari Bandan  Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 


Serifikat Kompetensi BNSP bisa didapatkan setelah menerima pelatihan dari Lembaga Pelatihan Keterampilan (LPK), Loka Latihan Kerja (LLK) maupun Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVB).


Lebih detail, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja (P2K2), Raden Bambang Dwi Minardi menjelaskan, untuk dapat mengakses layanan aplikasi SIAPkerja terlebih dahulu harus mendaftarkan akun terlebih dulu. 


Namun, diterangkan Bambang, bagi yang telah memiliki akun pada aplikasi prakerja Kemenaker tidak bisa mendaftar kembali pada aplikasi SIAPkerja dikarenakan SIAPkerja merupakan transformasi dari aplikasi Prakerja. 


"Yang sudah register akun kartu Prakerja dari Kemenaker tidaj perlu lagi membuat akun SIAPkerja Karena sesungguhnya akun siapkerja merupakan transformasi dari akun sebelumnya" Jelas Bambang


"CPMI cukup login ke akun SIAPkerja dengan menggunakan NIK yang didaftarkan dulu pada Prakerja" Lanjutnya. 


Dalam aplikasi tersebut, CPMI selajutnya bisa memilih jenis pekerjaan, negara tujuan serta PT P3MI yang dipercaya. 


"CPMI dalam aplikasi tersebut, bisa memilih lebih dari satu pada semua item di apliaksi tersebut dan tinggal menunggu verifikasi persusahaan dan Dinas". Jelas Bambang. 


Selain itu, Jadi yang sudah mendapat kartu siapkerja dan sudah mendapat bantuan pelatihan baik secara daring maupun langsung pasti sudah punya sertifikat kompetensi dari BNSP. 

PT. Dafy Medi Nusra