Kanwil Kemenkumham NTB Adakan Pelayanan Kumham Bergerak, Imigrasi Menyapa di Pantai Pengayoman Lotim

Kegiatan Pelayanan Kumham Bergerak, Imigrasi Menyapa di Pantai Pengayoman Lapas Selong Desa Dasan Malang Kec. Pringgabaya


Lombok Timur, Hariannusra.com - Kantor Wilayah Kemenkumham NTB adakan kegiatan pelayanan "Kumham Bergerak, Imigrasi Menyapa" di Pantai Pengayoman Lapas Selong  Desa Gunung Malang Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur, Sabtu (25/02).


Layanan tersebut merupakan kegiatan jemput bola Kanwil Kemenkumham NTB sebagai wujud komitmen Kemenkumham NTB untuk meningkatkan layanan publik.


Kepala kantor Wilayah Kemenkumham NTB Romy Yudianto melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Pungky Handoyo, menjelaskan bahwa kegiatan Kumham Bergerak, Imigrasi Menyapa ini merupakan pelayanan jemput bola yang dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan Kumham kepada masyarakat di wilayah yang jaraknya jauh dengan kantor Imigrasi maupun UPT yang ada.


Pungki mengatakan, pelayanan imigrasi menyapa di pantai Pengayoman Lapas Selong dilaksanakan karena wilayah ini cukup padat penduduk dan merupakan salah satu obyek wisata yang ramai dikunjungi masyarakat.


"Pelaksanaan kegiatan kali ini merupakan kolaborasi Imigrasi Mataram dengan Lapas Kelas IIB Selong dalam upaya memberikan pelayanan publik,"ujar Pungky.


"Ini bentuk nyata keberadaan Pemerintah dalam melayani masyarakat melalui Kemenkumham NTB," tambahnya.


Masyarakat tidik melewatkan kesempatan pada kegiatan program pelayanan yang dilontarkan Kanwil Kemenkumham NTB ini, masyarakat sangat antusias dan merasa terbaktu dengan pelayanan yang diberikan.


Dari program pelayanan tersebut, tercatat 47 orang masyarakat setempat mengurus paspor dengan kebutuhan wisata dan umroh. 


Kepala Lapas Kelas IIB Selong, Purniawal, seusai pelaksanaan kehiatan tersebut mengatakan sangat mendukung kegiatan-kegiatan pelayanan yang dilakukan Kanwil Kemenkumham NTB.


Ia mengatakan, melalui Kolaborasi antara Imigrasi dan Lapas Selong kali ini tentunya masyarakat Lombok Timur pada umumnya merasa sangat terbantu.


Purniawal menjelaskan, Pantai pengayoman merupakan destinasi wisata yang menjadi bagian dari kegiatan pembinaan kemandirian di Sarana asimilasi dan edukasi (SAE) lapas Selong untuk mengembangkan jiwa usaha disektor pariwisata.


Oleh sebab itu, kegiatan-kegiatan serupa tentu akan memberikan dampak positif bagi Pantai Pengayoman dan masyarakat itu sendiri.


"Kami berharap kegiatan Layanan lainnya akan dilaksanakan di tempat ini, sehingga Pantai Pengayoman akan semakin dikenal oleh masyarakat dan wisatawan," Pungkasnya. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra