Bayi Kembar Siam Dengan Satu Jantung Lahir di Lombok Timur

Bayi Kembar Siam dengan satu jantung lahir di RSUD dr R. Soedjono Selong


Lombok Timur, Hariannusra.com - Bayi kembar siam dengan satu jantung lahir di RSUD Soedjono Selong, melalui proses operasi sesar sekitar Pukul 08.40 Wita (28/04).


Kedua bayi malang itu, saat ini masih dirawat intensif diruang Neonatal Intesive Care Unit (NICU) dalam kondisi stabil dengan alat bantu pernafasan (ventilator) dan penghangat (Inkubator).


"Bayinya dalam keadaan baik dan masih dirawat intensif di ruang NICU," ucapnya Direktur RSUD Soedjono, dr. HM. Hasbi Santoso, M.Kes.


Baca Juga: Bayi Kembar Siam Dengan Satu Jantung Lahir di Lombok Timur


Hasbi mengatakan, Ibu dari bayi kembar siam tersebut bernama Zahratul Qadariah usia 32 tahun  yang berasal dari Dusun Tundak, Batu Putek, Kecamatan Keruak.


"Bayi ini dempet dada dan perut, proses kelahirannya melalui operasi sectio caesaria," katanya. Sabtu (29/04/2023).


Ia menjelaskan, bayi kembar siam itu terbilang langka. Karena kelahirannya satu berbanding satu juta kelahiran. "Diagnosanya G2 P1 AO H1 Uk 37 Minggu,  Gemeli, Hidup, Intra Uteri dengan Gameli Contuinjed Twins Cord dan hepar hanya satu," paparnya.


Ia lanjut menjelaskan, karena bayi kembar siam itu hanya memiliki satu jantung dan satu hati. Maka dipastikan operasi pemisahan akan sangat susah dilakukan. 


"Untuk keselamatan bayi hampir tidak mungkin dilakukan operasi pemisahan. Artinya bayi kembar siam ini akan tumbuh dempet sampai dewasa," tuturnya.


Terkait dengan kondisi ibu dari bayi kembar siam itu disebut Hasbi dalam keadaan stabil. "Kondisi ibunya stabil dan masih dirawat intensif," ujarnya.


Sementara untuk pembiayaan sendiri, orang tua dari bayi itu menggunakan BPJS Mandiri yang tidak ditanggung pemerintah. "Dia pakai BPJS Mandiri," tandasnya. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra