Terima Respon Positif, Pelayanan Akhir Pekan Paspor Haji dan Umroh Kembali di Gelar

Pelayanan Paspor Simpatik calon jemaah Haji oleh ULP Imigrasi Selong


Lombok Timur, Hariannusra.com - Pelayanan paspor simpatik khusus calon jemaah haji yang digelar Unit Layanan Paspor (ULP) Imigrasi Selong Kantor Imigrasi TPU Mataram Kanwil Kemenkumham NTB mendapat respon positif dari masyarkat calon jamaah haji.


Setelah dilaksanakan pekan lalu (01/04), ULP Imigrasi Selong, kembali menggelar kegiatan tersebut pada 8-9 April 2023.


Kepala Kantor Imigrasi kelas 1 TPI Mataram, Pungki Handoyo, mengatakan calon jemaah haji sangat antusias terhadap pelayanan paspor simpatik tersebut.


Antusiasme yang cukup tinggi tersebut dikarenakan kondisi pelaksanaan ibadah Haji yang baru kebali dibuka secara normal.


"Layanan paspor simpatik ini kami buka untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada calon jemaah haji dalam melengkapi persyaratan mereka saat ingin melaksanakan ibadah haji,"ungkap Pungki.


Sementara itu, Kepala ULP Selong, Hudi Hutoro, menjelaskan, pelayanan paspor simpatik akhir pekan di hari sabtu dan minggu tersebut menyiapkan kuota sesuai permintaan.


Ia mengatakan, pihaknya dalam mengurus berkas para calon jamaah haji tidak perlu jauh-jauh lagi ke Mataram atau sekitarnya, cukup di  lombok Timur saja. 


"Kami hari ini mengurus sebanyak 61 calon haji untuk membikin paspor dengan rincian permohonan paspor baru 51 orang, penggantian paspor 5 orang.Tidak perlu jauh-jauh lagi ke mataram  untuk mengurus administrasi para calon haji ini, karena sudah sangat dekat di selong kabupaten lombok timur," ujar Hudi.


Dijelaskannya, layanan paspor simpatik ini juga diapresiasi calon haji karena sangat memudahkan masyarakat untuk mengurus paspor pada akhir pekan.


"Layanan ini tentunya mendapat antusiasme tinggi dari calon haji, karena kalau hari biasa kita tidak tahu seberapa banyak pengunjung yang datang. Kasihan mereka mengantre apalagi para calon haji ini kebanyakannya lansia," tuturnya.


Hal senada dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Haji Kantor Kementrian Agama Lombok Timur,  H. Makinuddin. "Alhamdulillah kita bersyukur atas pelayanan yang diberikan oleh Imigrasi" Ujarnya melalui pesan whatsapp.


Ia mengatakan, dengan adanya layanan tersebut sangat mempermudah dan mempercepat proses pembuatan paspor sehingga calon jamaah Haji tidak lama menunggu.


"Pelayanan tersebut mempercepat proses pemasporan sehingga jamaah tdk lama nunggu penyelesaian dokumen", tutupnya. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra