Didemo Puluhan Calon Jemaah, Kepala Cabang Fidya Tour Lombok Timur Berikan Klarifikasi

Kepala Cabang Fidya Tour Lombok Timur, M. Syakroni


Lombok Timur, Hariannusra.com - Didemo puluhan calon jemaah umroh, pihak Fidya Tour and Travel cabang Lombok Timur menyatakan pihaknya tetap bertanggung jawab.


Atas dugaan penipuan yang dituduhkan, pihak Fidya Tour Lombok Timur menyangkal hal tersebut dan menyatakan tidak pernah lari dari tanggung jawab dan berkali-kali melakukan kunjungan ke rumah calon jamaah untuk menyampaikan kendala keberangkatan dan kondisi perusahaan.


"Kami berkali-kali turun, door to door, dan agen tau kondisi perusahaan dan saya sampaikan ke jamaah kondisi perusahaan", ujar Kepala Cabang Fidya Tour Lombok Timur, M. Syakroni (04/05).


Syakroni menjelaskan, Sejak awal telah meminta kepada calon jamaah agar pihaknya diberikan waktu untuk memperjuangkan sembari menjelaskan progres atau proses yang dikerjakan.


Atas usaha tersebut, Syakroni mengatakan telah berhasil berangkatkan calon jemaah secara bertahap.


Syakroni juga membantah tuduhan bahwa sebanyak 140 jamaah tak kunjung diberangkatkan. "Tuduhan tersebut tidak benar, jumlah calon jemaah yang belum kami berangkan sebnayak 40 orang calon jemaah", ujarnya.


Ia menjelaskan, Secara total memang calon jemaah umroh berjumlah 140, namun pihaknya telah memberangkatkan seratusan jamaah secara bertahap yang belum lama ini telah diberangkatkan pada tanggal 26 maret lalu.


"Seratus orang telah kami berangkatkan secara bertahap dan sisanya 40 orang yang sedang kami usahakan, dan ada sekitar 20 orang jamaah yang keberatan dan melakukan tuntutan tadi", terang Syahroni.


Lebih lanjut, Syakroni menerangkan, sejak awal pihaknya telah membuat surat perjanjian pada bulan januari agar tidak ada tuntutan dari calon jamaah dan surat tersebut ditandatangani oleh pihak calon jamaah dan disaksikan agen dan keluarga jamaah.


Dalam surat tersebut terdapat isi perjanjian yang menyatakan bahwa jamaah siap diberangkatkan secara bertahap dan jadwalnya diserahkan sepenuhnya ke pihak perusahaan fidya tour dengan tenggat waktu selama satu tahun sejak adanya perjanjian tersebut.


"Surat tersebut dibuat tanggal 14 januari lalu, ini kan baru beberapa bulan. namun kami tetap akan usahakan dalam waktu dekat", ungkap Syakroni.


Terkait biaya yang telah dikeluarkan oleh calom jamaah, Syahroni menjelaskan telah menyerahkan sepenuhnya ke kantor pusat Fidya Tour lengkap dengan bukti rincian biaya yang telah digunakan pihaknya untuk mengurus keberangkatan calon jamaah.


"Semua biaya pengeluaran ada buktinya, seperti biaya pembuatan paspor, biaya handling, manasik dan lainnya, dan sisanya sudah kami serahkan ke kantor pusat karena ada rencana keberangkatan", jelasnya.


Ia berharap calon yang belum berangkat bisa bersabar dan tidak terpengaruh oleh isu yang disuarakan orang lain.


Ia menegaskan akan terap berusaha memenuhi tuntutan calon jamaah secara sadar, bukan atas dasar pihaknya dilaporakan atau tidak. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra