Tak Ditemui Pejabat Daerah Saat Demo, Masa LMND Lombok Timur Panjat Pagar Hingga Cegat Mobil Dinas

 

Puluhan aktivis LMND mencegat kendaraan dinas dan membacakan tuntutan aksi


Lombok Timur, Hariannusra.com -  Puluhan aktivis  Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND) melakukan aksi pajat pagar kantor Bupati Lombok Timur hingga memberhentikan kendraan dinas saat menggelar aksi demonstrasi pada kamis, 04 Mei 2023.


Aksi pencegatan tersebut dilakukan aktivis LMND lantaran tak kunjung ditemui oleh pejabat pemerintah daerah (Pemda) Lombok Timur.

 

Sebelumnya aksi dorong gerbang Kantor Bupati tak terhindarkan saat petugas keamanan tidak mengizinkan masa aksi memasuki kantor Bupati Lombok Timur untuk berdialog dan menyampaikan tuntutan.


Akibatnya, Puluhan masa aksi kemudian menyasar mobil dinas dengan nomor polisi DR 1109 KY yang kebetulan berhenti di lampu merah yang tak jauh dari lokasi demonstrasi.


Pembacaan tuntutan aksipun dilakukan pendemo sambil menaiki mobil dinas tersebut dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu darah juang.


Aksi LMND Lombok Timur tersebut digelar untuk memperingati Hari Buruh Internasional dan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 1 dan 2 Mei.


Dalam aksi tersebut LMND Lombok Timur menuntut pendidikan gratis yang ilmiah dan demokratis, mendesak pemda melakukan pemerataan fasilitas pendidikan dan menindak tegas oknum pelaku pungli di bidang pendidikan.


Tak hanya itu, masa aksi juga menuntut untuk menindak tegas pelaku asusila yang marak terjadi di tempat pendidikan, meminta untuk mengaudit  penggunaan Dana Alokasi Umum (DAU) dan meminta Bupati Lotim untuk mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Pendidikan Lombok Timur.


Selain itu, masa aksi LMND juga menuntut untuk menertibkan calo dan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang tak bertanggung jawab dan mengevaluasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lombok Timur.


Setelah membacakan tuntutannya, masa aksipun membubarkan diri dengan tertib. HN

PT. Dafy Medi Nusra