Diprediksi telan Dana Rp.70 Miliar, Pemda Lotim Baru Setujui 41,3 Miliar Untuk Pilkada 2024

 

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lombok Timur, H. Hasni

Lombok Timur, Hariannusra.com - Pelaksanaan Pilkada di Lombok Timur tahun 2024 mendatang diprediksi bakal menelan anggaran sebesar Rp 70 miliar. 



Jumlah tersebut merupakan nilai akumulatif setelah dikalkulasi oleh pihak dari KPU, Bawaslu, Polres Lotim, Kesbangpoldagri dan lainnya. 



"Setelah kita kalkulasikan dengan pihak berkompeten lainnya, insyaallah anggaran Pemilu 2024 Lotim mencapai kurang lebih Rp. 70 miliar," ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lombok Timur, H. Hasni (25/10).




Meski demikian, dari hasil kalkulasi tersebut, Pemda Lombok Timur baru bersepakat menganggarkan Rp 41,3 Miliar untuk KPU Lombok Timur berdasarkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), sedangkan yang lainnya masih dalam pembahasan. 



"Baru KPUD Lotim saja yang sudah dianggarkan, sedangkan yang lainnya masih dalam pembahasan," terang Hasni.



Ia merincikan, anggaran untuk Bawaslu yang ditaksir mencapai Rp. 14 miliar termasuk anggaran pengamanan yang diberikan ke Polres dan Kodim 1615 Lombok Timur.



Namun demikian, terang dia, anggaran untuk Bawaslu, pengamanan dan lain sebagainya belum dibahas. Dan kemungkinan total anggaran yang harus dipersiapkan mencapai angka Rp. 70 miliar.



Diketahui sebelumnya bahwa Bawaslu Lotim telah mengusulkan anggaran sebesar Rp. 31 miliar. Namun anggaran tersebut tidak dapat direalisasikan tetapi akan diberikan sekitar Rp. 14 miliar. Anggaran itu diluar dari anggaran sharing dari pemerintah provinsi sebesar Rp. 3,5 miliar.



"Masih harus dibahas dulu. Untuk kepastiannya akan ditetapkan dalam rapat. Anggarannya bisa saja lebih atau justru berkurang," ungkap Hasni.



Hasni mengatakan untuk untuk  anggaran pengamanan Pilkada Lotim juga masih dalam pembahasan meski sebelumnya, Hasni telah mengetahui jumlah usulan yang diajukan Polres Lotim sebesar Rp. 10 miliar yang didapatkan melalui media.



Dikesempatan lain,  Kapolres Lombok Timur AKBP. Heri Indra Cahyono, SH mengusulkan anggaran pengamanan Pilkada Lotim 2024 sebesar Rp. 10 miliar.



Anggaran tersebut digunakan untuk membiayai membiayai akomodasi dan mobilisasi seluruh personil.  Hal tersebut untuk memastikan bahwa  pelaksanaan Pilkada di Lombok Timur baik itu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati maupun Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur bisa berjalan aman, lancar dan  kondusif. (HN)


PT. Dafy Medi Nusra