10 Orang Tertimpa Pohon Berusia Ratusan Tahun di Mata Air Selak Bumbang Jurit

Proses evakuasi pohon tumbang di Desa Jurit Kecamatan Pringgasela


Lombok Timur, Hariannusra.com - 10 orang menjadi korban robohnya pohon yang diperkirakan berusia ratusan tahun di mata air Selak Bumbang Dusun Dasan Lendang Selatan Desa Jurit Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur.



Musibah tersebut terjadi pada Minggu, 22 Oktober 2023 sekitar pukul 16.20 Wita. 



Korban pohon tumbang ini di antaranya merupakan 7 orang Ibu-ibu dan 3 orang anak yang merupakan warga sekitar Desa Jurit. 


 

Kapolsek Pringgasela melalui Kasi Humas Polres Lombok Timur, Nikolas Oesman menjelaskan para korban saat kejadian tersebut sedang berada di mata air dan Mushalla di lokasi kejadian.



" Salah satu saksi, saat berada di sekitar mushola dan mata air Selak tiba tiba mendengar suara dari arah pohon yang berada di atas mata air. lalu saksi berteriak ke arah masyarakat dan anak anak yang saat itu berada di mushola dan  mata air dan memperingatkan bahwa pohon diatas mata air akan tumbang" Kata Nikolas.




Namun saat memanggil dan memperingatkan warga, pohon tersebut tiba-tiba telah tumbang dan menimpa warga yang saat itu berada di sekitar mushola dan mata air yang saat itu sedang melaksanakan sholat dan mandi.




Atas kejadian tersebut, saksi kemudian berteriak minta tolong kepada warga sekitar untuk melakukan  evakuasi terhadap semua korban. 



Beruntung dalam kejadian tersebut, tidak menelan korban jiwa. 

Semua korban selanjut di evakuasi oleh masyarakat bersama petugas kepolisian, Damkarmat dan Basarnas.



Korban kemudian dibawa ke Puskesmas Pringgasela untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 



Nikolas menambahkan, Berdasarkan keternagan pemilik kebun, Pohon yang tumbang merupakan pohon yang sudah berumur kurang lebih ratusan tahun.



Selain itu, mushola dan pemandian di mata air Selak memang sehari hari di manfaatkan oleh warga sekitar untuk sholat, mandi dan  air bersih. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra