Ratusan Masyarakat Aliran Sungai Tibu Krodet, Kembalikan Pipa Proyek SPAM Pantai Selatan

Sekitar 300 orang masyarakat terdampak sungai Krodet, kembalikan pipa proyek SPAM ke Kotaraja


Lombok Timur, Hariannusra.com - Ratusan masyarakat aliran Sungai Tibu Krodet Desa Kembang Kuning melakukan aksi pengembalian pipa proyek Sistem Penyedian Air Minum (SPAM) Pantai Selatan yang ada di Sampet, Benteng Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur, Selasa 14 November 2023. 



Ratusan masyarakat tersebut menggunakan truk membawa pipa tersebut diiringi sepeda motor dari Kembang Kuning menuju Kotaraja. 



Masa yang terdiri dari masyarakat Lendang Nangka Utara, Gelora, Kesik dan Padamara melakukan aksi pengembalian pipa tersebut sebagai bentuk penolakan pemanfaatan mata air Tibu Krodet tersebut. 



"Intinya kami menolak pemanfaatan sumber air SPAM dari Tibu Krodet". Ungkap perwakilan masyarakat Sangiang Desa Kumbung, Amak Snim ketika diwawancara. 



Ia mengaku kaget, distribusi pipa yang di kembang kuning juga tanpa sepengatahuan masyarakat aliran sungai. 



Amaq Snim mengancam jika ada pendribustrian pipa SPAM kembali ke sumber mata air Tibu krodet, Ia ragu bisa menahan masyarakatnya untuk tidak bertindak anarkis di kemudian hari. 



"Banyak mata air lain, seperti pengempulan Bawak Duren, Sendro, Pengempel Burung, yang bisa di gunakan, hanya tinggal diperbaiki, supaya sumber airnya maksimal", sambungnya. 



Ia mengatakan, penolakan masyarakat tidak lain dari akibat kondisi debit air yang saat ini semakin kecil, yang jika  dipaksakan tidak mungkin tidak mengakibatkan kegaduhan ditengah masyarakat. 



"Coba bayangkan, pada musim kemarau kami bisa bergilir selam 4 hari 4 malem bergilir dari masyarakat dri kembang kuning, Lendang Nangka Utara, Kesik, Padamara, Sakra sampa Selayar. Apalagi akan di gunakan untuk spam", Tutupnya. 



Sementara itu, sampai berita ini dinaikkan,  Pj Bupati Lombok Timur, H.M. Juaini Taofik, Saat di konfirmasi via whatsapp belum memberikan tanggapan atas kejadian tersebut (Bersambung). (HN)




PT. Dafy Medi Nusra