Hibah Pilkada 2024 Ditandatangani Pj Bupati Lombok Timur: KPU Rp 40 Miliar, Bawaslu Rp 16 Miliar

 

Pj Bupati Lombok Timur, H. M Juani Taofik tandatangani NHPD KPU dan Bawaslu 

Lombok Timur, Hariannusra.com -  Pejabat (Pj) Bupati Lombok Timur, H. M Juaini Taofik menandatangai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). 



Hibbah tersebut sebagai bentuk komitmen Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur H. M Juaini Taofik atas suksesi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.



Dimana pada NPHD tersebut juga telah tertuang anggaran untuk pemilihan kepala daerah (Pemilukada) 2024.



"Alhamdulillah, smua sudah kita tuangkan dalam APBD jadi kita sudah NPHD 40% kita realisasikan di APBD Perubahan 2023, dan 60% akan kita realisasikan di APBD 2024 baik kepada KPUD maupun Bawaslu," ucap Pj Bupati Juaini setelah di konfirmasi, Senin (4/12/2023).



Selain itu, Pemda Lombok Timur sendiri juga sudah menandatangani pula NPHD untuk pengamanan selama berlangsungnya Pemilu 2024 mendatang.



Hal itu dijelaskannya, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Pj Bupati untuk memastikan berjalananya Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.



"Artinya tuntas kewajiban dari tugas-tugas kita sebagai Pj, dimana tugas kita itu kan memastikan Pilkada ya bukan saja Pemilu, Pilkada juga dipastikan Pj berjalan dengan lancar," katanya.



Adapun mekanisme penyaluran anggarannya diantaranya, Pilpres, dan Pileg akan dianggarkan melalui APBN sedang untuk Pilkada akan dianggarkan melalui APBD.



Besarannyapun diantaranya, untuk KPU dikisaran Rp40 miliar sedang untuk Bawaslu Rp16 miliar.



Pun begitu dengan keamanan, dari pihak kepolisian sendiri dianggarkan Rp 6 miliar, sedang untuk TNI MoU dengan Korem dikisaran Rp 2 miliar, "alhamdulillah sudah kita lengkapi," tutupnya. (*)



PT. Dafy Medi Nusra