Jadi Percontohan Pengembangan Pangan Biru, Pj Bupati Lotim: Akan Menguntungkan Semua Pihak

Pj Bupati Lotim mengunjungi kawasan percontohan pengembangan pangan biru (Foto Ist sumber: PKP Setda Lotim)


Lombok Timur, Hariannusra.com -  Kabupaten Lombok Timur saat ini menjadi sebagai percontohan pengembangan Blue Food (pangan biru) atau makanan yang bersumber dari laut.



Tanaman rumput laut menjadi pengembangan yang diutamakan, saat ini terus berproses. 



Potensi rumput laut yang rencananya akan terus dikembangkan di areal seluas 100 hektar yang berlokasi di kawasan Teluk Ekas.



Sebelumnya, lokasi itu juga telah dikunjungi sejumlah investor asing dan Bank Dunia dengan diterima langsung Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur H. M Juaini Taofik pada Senin (11/12/2023) lalu.



Pj Bupati menyambut baik dipilihnya Ekas Buana sebagai kawasan percontohan budidaya rumput laut sekala besar. 



Ia mengatakan,  hal tersebut nantinya akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat setempat. 



"Saya melihat proyek percontohan ini akan menyerap tenaga kerja sekaligus rumput laut hasil budidaya masyarakat, sehingga menguntungkan bagi semua pihak," ucapnya.



Terlebih, dengan rencana dibangunnya pabrik bio plastik, mengingat  permintaan terhadap bio plastik rumput laut saat ini terus meningkat. Tak heran ia menyatakan Pemda menggelar karpet merah bagi investor.



Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Sumberdaya Maritim M. Firman Hidayat menyampaikan tujuan kunjungannya sebelumnya bersama rombongan adalah untuk melihat perkembangan budidaya rumput laut skala besar dengan mekanisasi dan teknologi di kawasan Teluk Ekas. 



"Saya melihat progresnya cukup baik dengan luas areal yang sudah tertanam mencapai 10-15 hektar," katanya.



Disampaikan pula bahwa pihaknya mendorong kolaborasi perusahaan dengan masyarakat sekitar yang dinilainya juga sudah berjalan. (HN)


PT. Dafy Medi Nusra