Bawaslu Lotim Umumkan Rekrutmen Panwascam


Koordinator Devisi SDM Bawaslu Lotim, Sihaidi Mahsu

Lombok Timur, hariannusra.com - Untuk memenuhi ketersediaan tenaga pengawas pemilu di masing-masing Kecamatan di Lombok Timur, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lombok Timur telah mengumumkan rekrutmen tenaga Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas pada pemilu 2024 mendatang.


Koordinator Devisi SDM Bawaslu Lombok Timur, Suhaidi Mahsun saat diwawancara mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan sosialisi rekrutmen. Tahapan sosialisasi tersebut telah dimuali dari tanggal 10 sampai dengan 21 September 2022 mendatang.


Suhaidi menjelaskan, tahapan pengumuman pendaftaran akan dimulai dari tanggal 15 sampai dengan 21 September 2022, kemudian dilanjutkan tahap pendaftaran pada tanggal 21 sampai dengan 27 September 2022.


"Setelah tahapan pendaftaran selesai nanti, kita kemudian seperti biasa melakukan penelitian berkas administrasi  pendaftar dan lain-lain" Terang Suhaidi.

Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi kemudian akan mengikuti tahapan tes selanjutnya yang kemungkinan besar menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT)


"Saat ini kami sedang mempersiapkan tempat pelaksanaan tes CAT, baik di Sekolah maupun instansi pemerintahan yang memiliki ketersediaan perangkat untuk tes CAT" ujarnya.


Suhaidi melanjutkan, dari hasil perenkingan CAT akan diambil peringakat 6 besar dari  masing-masing kecamatan yang selanjutnya akan kembali mengikuti tes wawancara. Setelah tes wawancara, baru akan terpilih 3 komisioner Panwas di tingkat Kecamatan.


"Di masing-masing kecamatan kita mengambil 2 kali kebutuhan, kalau kebutuhannya 3 komisioner berarti akan mengambil 6 besar dari hasil tes CAT. 6 besar ini kemudian mengikuti tes wawancara, baru kemudian mengerucut menjadi 3" Imbuhnya

PT. Dafy Medi Nusra