Bawaslu Lotim Gandeng Awak Media Perkuat Keterbukaan Informasi Pemilu

Ketua Bawaslu Lotim, Retno Sirnopati (kanan) Bersama Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Lotim, Halidy (kiri)

Lombok Timur, Hariannusra.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lombok Timur mengadakan kegiatan penguatan literasi pengawasan tahapan pemilu 2024 melalui media massa di Green Orry Inn Desa Tetebatu Kecamatan Sikur, 16 Oktober 2022.


Kegiatan tersebut dihadiri puluhan wartawan dari berbagai organisasi media Lombok Timur dengan narasumber dari kalangan Akademisi, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) NTB, KPU dan Bawaslu Lombok Timur.


Sebelum membuka acara, Ketua Bawaslu Lombok Timur, Retno Sirnopati dalam sambutannya mengatakan, pihaknya gencar melakukan kegiatan sosialisasi sebagai upaya pencegahan pelanggaran dalam tahapan  Pemilu.


"Sebelumnya kami juga melakukan sosialisasi terkait netralitas ASN dengan mengundang OPD  lingkup Pemkab Lotim" terang Retno.


Retno menjelaskan seluruh kegiatan yang dilaksanakan tersebut sesuai dengan tagline Bawaslu saat ini yang mengedepankan kegiatan pencegahan pelanggaran pada pemilu mendatang.


Selain itu, Retno berharap dengan dilaksanakannya kegiatan  bersama awak media, dapat meningkatkan keterbukaan informasi pada tahapan  Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 februari 2024 maupun Pilkada pada 27 November 2023 mendatang. 


Ia memandang adanya Informasi yang diterbitkan melalui sosmed oleh penyelenggara Pemilu masih bersifat formal dan kurang menyajikan informasi secara substansif.


Ditempat yang sama,  Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Lombok Timur, Halidy menyampaikan pentingnya upaya mitigasi yang bertujuan untuk pengurangan resiko potensi kerawan.


"Pelibatan media juga merupakan bagian dari peningkatan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu" Ujar Halidy.


Diskusi diakhiri dengan deklarasi dan penandatanganan komitmen untuk menolak berita hoax menuju Pemilu 2024 berintegritas dan bermartabat oleh Bawaslu, KPU  dan perwakilan organisasi jurnalis Lombok Timur. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra