Sekda NTB: Hari Pahlawan Momentum Refleksi Diri

Sekda NTB, HL Gita Ariadi

Lombok Timur, Hariannusra.com - Rombongan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi NTB melaksanakan penghormatan dan ziarah Makam Pahlawan Nasional Maulana Syaikh TGKH. M. Zainudin Abdul Majid di Pancor, Kecamatan Selong Lombok Timur yang di pimpin Sekretaris Daerah NTB, HL Gita Aryadi, Kamis (10/11).


Selain itu hadir pula rombongan Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Lombok Timur, Forkopimda dan Mahasiswa serta santri setempat. 


Sekda NTB, Gita Ariadi dalam kesempatan tersebut memimpin upacara penghormatan kepada arwah Maulana Syaikh dan ditutup dengan acara tabur bunga serta zikir dan doa. 


Gita Ariadi seusai memperingati upacara penghormatan tersebut mengatakan, Pelaksanaan kegiatan upacara penghormatan tersebut sebagai momentum refleksi diri. 


"Sebagai generasi penerus, pelanjut perjuangan, apa yang telah kita lakukan?, untuk saat ini setelah para pahlawan kita berjuang merebut kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekan" Ucapnya. 


"Saat ini kita ditugaskan untuk mengisi kemerdekaan. Apakah kita telah menyumbangkan karya untuk mensejahterakan umat" Lanjutnya. 


Ia juga menyampaikan pentingnya memiliki sikap dan mental  dan  spirit perjuangan sebagaimana  nilai-nilai perjuangan pahlawan yang pantang menyerah dengan segala keterbatasan melawan ancaman musuh yang peralatannya lebih modern namun spirit yang kuat akhirnya memenangkan pertempuran, merebut kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan sampai saat ini. 


Masih kata Gita, kedepannya tantangan kehidupan tidak kalah berat sebagaiaman apa yang dialami pahlawan kita sesuai tuntunan zaman. Dalam  era global, peperangannya adalah melawan keterbatasan sumber daya pangan, energi ditentah meningkatnya kebutuhan umat manusia. 


"Ditengah situasi global, nasional maupun regional saat ini tidak baik-baik saja. Inflasi masih tinggi, harga bahan pokok masih mahal. Namun, pemerintah tetap berjuang melalui  TPID memberikan kepastian bagi masyarakat" ungkapnya. 


Gita berharap kepada generasi muda untuk mepersiapkan diri untuk memenangkan pertempuran masa depan. Hendaknya generasi muda membekali diri dengan ilmu pengetahuan, informasi serta keterampilan untuk menghadapi masa depan. 


Ia menghimbau generasi muda supaya jangan sampai menjadi generasi ahistoris yang tidak bisa meneladani nilai kepahlawanan para pendahulu dan  tidak terjebak dalam hal yang bersifat hedonis dab hal yang merusak seperti narkotika, pegaulan bebas dan dekadensi moral supaya aset yang begitu banyak sebagai bonus demografi menjadi sia-sia. 


"Oleh karenanya, momentum peringatan hari Pahlawan ini untuk menyegarkan ingatan kita supaya berani tampil kedepan untuk menyampaikan karya-karya terbaik bagi Negara dan masyarakat kita. itu spirit dari peringatan dari 10 november" Tutupnya. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra