Wisatawan dan Inverstor Nilai Pelayanan Jemput Bola Kemenkumham NTB Mampu Dukung Investasi dan Pariwisata

Salah seorang WNA memanfaatkan pelayanan jemput bola Kakanwil Kemenkumham NTB 


Lombok Tengah, Hariannusra.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat bersama dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram menyelenggarakan kegiatan jemput bola pelayanan izin tinggal bagi Warga Negara Asing dan pelayanan paspor bagi Warga Negara Indonesia, Sabtu, 13 Mei 2023.


Kegiatan tersebut berlansung di Hotel Novotel Kuta dengan rangkaian kegiatan pelayanan jemput bola dan juga kegiatan sosialisasi untuk memberikan informasikan inovasi terbaru layanan keimigrasian berupa Electronic Visa on Arrival dan Aplikasi Molina.


Kegiatan ini diapresiasi para pemohon layanan, salah satunya Anas Moukhlis, seorang Warga Negara Italia yang saat ini bekerja sebagai direktur perusahaan real estate Invest Island di Lombok menuturkan bahwa kegiatan ini dapat membantu investasi dan pertumbuhan ekonomi Lombok.


"Kami mengharapkan pelayanan seperti ini terus ada karena hal ini memudahkan ekspatriat untuk datang ke pulau ini yang tentunya juga akan membuat pertumbuhan yang baik untuk Lombok bagian selatan", ujarnya.


Selain mendukung pertumbuhan investasi, kegiatan jemput bola ini juga mampu mendukung pariwisata dengan memberikan kemudahan kepada para wisatawan.


Meaghan Claire Johnson, seorang wisatawan asal Australia yang sedang berlibur di Lombok menuturkan bahwa layanan yang ia terima amat membantunya.


"Kami pemegang visa kunjungan untuk tujuan berlibur, dan dengan adanya layanan hari ini sangat membantu kami dalam memperpanjang izin tinggal", tuturnya dalam bahasa Inggris.

 

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTB, Yan Wely Wiguna saat meninjau langsung kegiatan pelayanan   berharap bahwa kegiatan ini dapat memberi kemudahan bagi mereka yang berwisata.


"Orang asing yang sedang berlibur di tempat tertentu tidak harus datang puluhan kilometer tapi kami yang mendatangi, diharapkan kegiatan ini akan memberikan kemudahan bagi yang berlibur atau berkunjung ke Indonesia", jelasnya.


Sosialisasi ditujukan agar masyarakat mengetahui kemudahan dalam pengajuan Electronic Visa on Arrival melalui aplikasi Molina, khususnya bagi orang asing yang hendak datang untuk berlibur di Indonesia.


Putu Galih Perdana Putra selaku Analis Keimigrasian saat menyampaikan paparan sosialisasi menjelaskan mudahnya menggunakan aplikasi ini.


"Melalui www.molina.imigrasi.go.id orang asing dapat mengajukan permohonan Electronic Visa on Arrival secara mandiri melalui gawainya masing masing dimanapun dan kapanpun, kemudian visa elektroniknya dapat diunduh di akun molina masing-masing pemohon", tuturnya. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra