Gandeng Kominfo dan Pandu Digital, KKP UIN Mataram Adakan Roadshow Literasi Digital

KKP UIN Mataram gandeng Dinas Kominfo Lotim dan Pandu Digital menggelar Roadshow Literasi Digital 


Lombok Timur, Hariannusra.com - Kelompok Kerja Partisipatif (KKP) UIN Mataram 2023 adakan roadshow literasi digital di Aula Kantor Desa Pringgajurang Utara pada jumat, 14 Juli 2023.


Kegiatan yang bertemakan “Pemberdayaan masyarakat melalui digitalisasi berbasis potensi desa dan kelurahan” tersebut terselenggara atas kerja sama kelompok KKP dengan Dinas Kominfo Lombok Timur dan Pandu Digital.


Sasaran dari kegitan ini adalah pelaku UMKM, penggerak pariwisata dan pemuda di Desa Pringgajurang Utara.


Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di Desa Pringgajurang Utara agar dapat memanfaatkan kehadiran media sosial untuk  memasarkan produk-produk yang dihasilkan karena pemanfaatan media sosial, E-Comerce masih sangat minim dilakukan oleh pelaku UMKM. 


Perwakilan pandu digital, Juanda Agus Budiman dalam materinya menyampaikan, masyarakat Indonesia sudah banyak yang  dapat mengakses Internet.


Oleh karenanya, hal tersebut harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat  untuk hal-hal yang produktif.


Juanda  memotivasi  para pelaku UMKM yang hadir dalam kegiatan tersebut agar memanfaatkan perkembangan teknologi dalam melakukan pemasaran karena pemanfaatan perkembangan teknologi  dapat meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan e-commerce bagi pelaku UMKM.


“Sudah saatnya kita memanfaatkan media sosial yang telah ada untuk melakukan pemasaran bukan hanya kita manfaatkan untuk hal-hal yang bersifat kesenangan sementara saja” tuturnya.


Juanda juga menyatakan, pihaknya siap bekerjasama dengan kelompok KKP untuk bekerja sama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang  pememanfaatan e-comerce bagi para pelaku UMKM yang ada di Desa Pringgajurang Utara.


Juanda menekankan agar masyarakat memanfaatkan media sosial dengan bijak termasuk bagaimana ber-etika dalam menggunakan media sosial.


Ia menilai, sejauh ini masih banyak ditemukan pengguna media sosial yang mempoting atau membagikan suatu informasi yang diterima tanpa melakukan validasi kebenarannya terlebih dahulu. 


“Pengguna internet yang tinggi harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang produktif, hal-hal yang meningkatkan nilai tambah, seperti pemasaran hasil UMKM masyarakat desa pringga jurang utara” ungkapnya.


Perwakilan Dinas Kominfo Lombok Timur, Muh. Amin Khutbi dalam kegiatan tersebut menyampaikan manfaat dan tantangan yang akan dihadapai dengan kehadiran literasi digital yang sudah menyebar samapai ke pelosok-pelosok desa.


Amin  mengatakan, salah satu manfaat hadirnya media sosial jarang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kemudahan untuk menjangkau pasar bagi para pelaku usaha.


“Media sosial yang kita gunakan seharusnya mempermudah kita dalam malakukan kegiatan kita, berdagang bagi pelaku usaha tapi sampai sejauh ini justru manfaat ini yang justru yang tidak banyak disadari oleh para pelaku UMKM sehingga harus diberikan suatu pengayaan lebih” imbuhnya.


Sementara Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Hadi Kusuma Ningrat, yang juga menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut menjelaskan tentang pemasaran sumberdaya wisata yang ada di Desa Pringgajurang Utara.


Hadi menilai, dengan memanfaatkan platform-platform media sosial yang ada, masyarakat dapat mengenalkan potensi keindahan alam yang ada di Desa Pringgajurang Utara.


“banyak Desa-Desa yang sebelumnya bukan Desa wisata tetapi berubah menjadi Desa wisata hanya karena kemampuan untuk memediakan dan melakukan pemasaran dengan media sosial yag ada, apalagi dengan Keindahan yang ada di Desa ini akan sangat berpotensi dikenal jika bisa dikemas” Tutupnya. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra