Jelang Pemilu, Polres Lotim Gelar Simulasi Sispamkota

 

Polres Lombok Timur menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) menjelang pemilu

Lombok Timur, Hariannusra.com - Polres Lombok Timur menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Darmaga Labuahan Haji, Sabtu, 18 November 2023. 



Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka kesiapan pengamanan PEMILU 2024. 



Simulasi digelar secara detail untuk memastikan kesiapan pengamanan menjelang Pemilu 2024. 



Simulasi Sispamkota merupakan bagian dari kolaborasi yang melibatkan sejumlah Stakeholder seperti TNI-Polri, Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur dan penyelenggara pemilu. 


 

Pelaksanaan Simulasi diperagakan lansung oleh personil Polres Lotim yang dimulai dengan simulasi pemgamanan kantor penyelenggara pemilu, pengawal proses kampanye Presiden dan Wakil Presiden, Pengawalan Logistik, Pengawalan Proses Pemungutan Suara dan pengawalan menghadapi unjuk rasa. 



Kapolres Lombok Timur, AKBP Hery Indra Cahyono 

menyampaikan, simulasi Sispamkota dilaksanakan untuk menciptakan suasana kesiapsiagaan menjelang Pemilu 2024.



Hery mengatakan, Simulasi tersebut sebagai bentuk komitmen kepolisian dalam menjamin keamanan Pemilu 2024 khusunya di Kabupaten Lombok Timur.

 


"Peningkatan intensitas kegiatan politik selama masa kampanye pemilu dapat menciptakan potensi kerawan" ujarnya. 



Untuk itu, Ia menjelaskan, Polres Lombok Timur telah menyiapkan 400 orang personil untuk melakukan pemetaan kerawanan dan menangani berbagai situasi yang mungkin timbul pada pelaksanaan pemilu. 



Kapolres melanjutkan, dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan pemilu 2024, Polres bekerjasama dengan instansi terkait untuk mengidentifikasi ancaman dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. 



"Hingga saat ini kondisi di Lotim masih aman dan kondusif, namun dengan adanya simulasi ini menjadi langkah antisipasi untuk meminimalisir potensi masalah yang dapat terjadi pada saat pemilu nanti", tutupnya. (HN) 

 

PT. Dafy Medi Nusra