Koramil 09 Sikur Gelar Komsos Bersama Komponen masyarakat

Komunikasi Sosial (Komsos) yang di gelar Koramil 09 Sikur


Lombok Timur, Hariannusra.com - Koramil 09 Sikur  menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan komponen masyarakat di Desa Kotaraja Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur, Selasa, 21/11/2023.



Komsos dengan tema Moderasi Beragama dan Tantangan Polarisasi di Indonesia dilaksanakan di Aula Koramil 09 Sikur ini dihadiri pemerintah Desa , Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Kotaraja. 



Komandan Koramil (Danramil)  Kapten Inf. Achmad, pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa TNI sebagai salah satu komponen bangsa berperan penting dalam pembinaan teritorial.



“TNI merupakan salah satu komponen utama bangsa. Kami turut berperan serta melaksanakan berbagai upaya melalui Pembinaan Teritorial (Binter) yang merupakan amanat Undang-Undang No. 34 Tahun 2004 tentang TNI,” ujarnya.



Menurut Achmad, Undang-Undang No.34 tahun 2004, salah satu tugas pokok TNI adalah melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yakni membantu pemerintah daerah yang implementasinya melalui Binter itu.



“TNI tidak memiliki warna dalam kepentingan partai politik. Politik TNI adalah politik negara, yakni mengacu pada kepentingan nasional dalam rangka menjaga keamanan dan martabat bangsa Indonesia,” tegasnya.



Ia menjelaskan, dengan tema kegiatan Komsos ini, moderasi beragama adalah meyakini kebenaran agama sendiri, menghargai, dan menghormati penganut agama lain yang meyakini agama mereka tanpa harus membenarkannya. 



Ahmad juga menyampaikan, Lewat Komsos ini, kita secara tegas menyikapi keberagaman sebagai fondasi yang kuat, dalam hidup bermasyarakat. 



"Maka sebagai masyarakat kita harus tetap solid dan tidak terpengaruh dengan konflik yang terjadi di daerah lain,” jelasnya.



Selanjutnya Kepala Desa Kotaraja Lalu Supiandi mengungkapkan pentingnya sinergitar antar Pemerintah Desa dan TNI untuk menjaga keamanan di Desa.



" Sinergi Pemerintah Desa dengan TNI terutama Koramil 09 Sikur sangat penting untuk menjaga stabilitas Desa", Singkat Kades. (LRK)


 

PT. Dafy Medi Nusra