Kondisi Bangunan Retak Parah, Gedung TK Darma Wanita Montong Baan Ambruk

Gedung TK Darma Wanita Montong Baan Ambruk akibat kondisi bangunan retak parah


Lombok Timur, Harinannusra.com - Akibat kondisi bangunan yang retak parah, Sebuah bangunan Taman Kanak-kanak (TK) Darma Wanita di Desa Montong Baan Kecamatan Sikur Ambruk. 



Akibatnya bangunan tersebut, saat ini tidak dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. 



Minimnya perhatian pemerintah daerah, membuat kerusakan yang terdapat pada gedung tersebut tidak pernah mendapatkan perbaikan. 



Dijelaskan Komite Sekolah TK Darma Wanita Desa Montong Baan, Samsul Hakim saat dikonfirmasi Kamis (21/12/2023), ambruknya sarana pendidikan ini, sebenarnya tanpa sebab.



Samsul mengatakan, kerusakan bangunan terjadi saat gempa bumi beberapa tahun lalu.



Meski kondisi bangunannya sudah retak parah, aktivitas pendidikan tetap berjalan seperti biasa di sekolah tersebut. 



"Ambruknya sekolah kami ini terjadi pada Rabu dini hari tanggal (20/12/2023) pukul 02.45 Wita. Untung tidak ada korban jiwa pada kejadian ini,"ujarnya. 



Ia menerangkan, sarana pendidikan ini berdiri pada tahun 1992 tetapi bangunannya mulai berdiri sejak tahun 2007 silam yang penganggarannya bersumber dari pemerintah desa dan kini status kepemilikannya masih menjadi hak Desa. 



Namun setelah dikoordinasikan dengan pemerintah desa, anggaran rehab bangunan sekolan tersebut, tidak bisa di cover karena telah masuk pada akhirnya tahun.



"Di TK ini jumlah siswa aktifnya kurang lebih 47 orang dengan 4 orang tenaga pendidik, dengan jumlah rombongan belajar (Rombel) dua unit. Nah kedua unit bangunannya sekarang tidak bisa kami gunakan kembali,"ungkapnya.



Memasuki usainya libur sekolah yang tinggal beberapa hari lagi,  Samsul berharap agar pemerintah daerah segera memberikan solusi terhadap musibah yang dialami sekolah ini, demi kelancaran proses belajar pada siswa-siswinya kedepan. 



"Kami sangat harapkan pemerintah bisa memberikan solusi karena waktu libur siswa tinggal sebentar dan akan masuk pada tanggal 2 Januari 2024 mendatang,"ujarnya.



Atas persoalan tersebut, Kepala Sekolah TK Darma Wanita Desa Montong Baan Zakiah S.Pd mengatakan, pihaknya memang belum melayangkan surat laporan secara resmi ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kecamatan tetapi pihaknya telah menyampaikannya langsung secara lisan saat kejadian ambruknya sekolah tersebut. 



"Sampai saat ini, pihak UPT Dikbud kecamatan belum turun mengkroscek secara langsung kelapangan. Mungkin mereka ada kesibukan lain sehingga belum turun,"ungkapnya.



Sementara itu PJ Bupati Lombok Timur H.M Juaini Taofik saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp mengatakan akan segera mengkoordinasikan kejadian itu dengan dinas pendidikan dan akan melakukan kroscek.



"Saya kroscek dulu,"singkatnya (HN)

PT. Dafy Medi Nusra