Penyelengara Pilkada di Lombok Timur Diharapkan Pada Generasi Muda

Photo: M. Herwadi, Ketua II Eksternal PMII Lotim 


Lombok Timur, Hariannusra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur melakukan perekrutan terhadap PPK dan PPS di lingkup kecamatan dan desa. 


Ketua Lembaga Pemantau Pemilu (LPP) PMII Herwadi Kmengatakan, dalam perekrutan PPK dan PPS tahun pada pilkada ini, diharapkan bagi generasi baru.


"Mari berikan peluang bagi generasi baru kita, jangan hanya itu - itu saja mendapatkan kesempatan,"katanya. (7/5/24)


Menurut dia, dalam perekrutan PPK dan PPS ini katanya, tetap mengacu pada keputusan Keputusan KPU RI No : 476 tahun 2024 tentang Seleksi Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur 2024.


Hanya saja, kita berharap lebih besar kepada generasi baru terutama para sarjana dan pemuda yang belum memiliki pekerjaan. Sehingga, dapat memberikan peluang dan pengalaman bagi generasi muda.


"Meskipun aturan tidak melarang, tapi berikan peluang bagi pemuda dan sarjana yang baru. Pengalaman kerja penting, tapi memberikan kesempatan bagi generasi muda itu lebih penting,"ujarnya.


Untuk itu sambungnya, demi memberikan peluang bagi generasi baru, KPU berencana berkoordinasi dengan Pemda terkait persoalan penyelenggara ditingkat desa. Karena menurut pengaduan masyarakat, banyak sekali perangkat desa, ASN, P3K yang mendaftar sebagai penyelenggara pemilu.


"Dalam undang - undang memang tidak dilarang, tetapi mari tegakkan sila kelima yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat,"paparnya.


Sementara itu,Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat Dan SDM (Sosdiklih Parmas SDM) KPU Lombok Timur Zainul Muntaqin mengaku pernah menyampaikan persoalan ini pada saat evaluasi.


" Sebelum ada perekrutan ini, memang banyak keluhan seperti itu, sehingga kita berharap bagi generasi baru. Prinsip saya ada dua, berkeadilan dan regenerasi,"singkatnya. (Red)

PT. Dafy Medi Nusra