Peluncuran Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Berlansung Meriah, Ketua KPU Loteng Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Pemukulan Gendang Beleq oleh Forkopimda Loteng dan Ketua KPU NTB sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan Pilkada 2024


Lombok Tengah, Hariannusra.com - Kegiatan Peluncuran Pilkada Lombok Tengah yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Tengah berlansung meriah. 


Kegiatan Pelucuran Pilkada Bupati dan Wakil Bupati tersebut dilaksanalan di Alun-alun Tastura Praya Lombok Tengah pada sabtu, 01 Juni 2024 dibuka dengan memperingati Hari Lahir Pancasila. 


Hadir dalam kegiatan tersebut, KPU Provinsi NTB dan KPU Kabupaten se-NTB. Selain itu, Hadir juga Forkopimda Lombok Tengah, Bem dan organisasi kepemudaan se-Lombok Tengah. 



Dalam sambutannya, Ketua KPU Lombok Tengah, Hendri Harliawan menyampaikan, terimakasih kepada Pemkab Lombok Tengah dan seluruh stakeholder, lembaga Pemerintah dan lembaga non Pemerintah yang telah mendukung pelaksanaan agenda tersebut. 


"Sinergi KPU dengan Pemerintah adalah hal yang sangat penting bagi kami," kata Hendri. 



Hendri mengatakan, pelaksanaan pemilihan kepala daerah telah melahirkan pemimpin-pemimpin yang sukses menghantarkan Kabupaten Lombok Tengah menjadi Kabupaten yang berkembang pesat, dan menjadi destinasi wisata dunia. 


Hendri menyampaikan, tingkat partisipasi pada pelakanaan pemilu 2024 sebelumnya lebih tinggi dibandingkan dengan partisipasi Pilkada 2020 lalu. 


Tingkat partisipasi pemilih pada pemilu 2024 Lombok Tengah tersbut berhasil melampaui dari target angka partisipasi Nasional yang telah dipatok KPU RI. 


"Tingkat partisipasi pemilih di Lombok tengah pada Pemilu 2024 sejumlah 83,58 persen dan itu melebihi target Nasional yaitu 79, 50 persen.  pada tahun 2020 jumlah partisipasi pemilih di Lombok Tengah berada di angka 71,16 persen. Angka partisipasi pemilih pada pemilu 2024 meningkat dari tahun 2020," jelas Hendri. 


Hendri mengungkapkan, meski dalam setiap tahapan pemilihan pasti terjadi riak-riak ataupun protes dari pendukung pasangan calon, namun hal tersebut sebagai tanda masyarakat melek dan selalu mengawal proses demokraasi. 


Hendri mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sama sama menggunakan hak pilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah, yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.


"Mari kita tetap ingat, hari Rabu tanggal 27 November 2024, kita sama sama datang ke TPS untuk memilih pemimpin Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah," paparnya. 


Ditempat yang sama, Asisten III Setda Lombok Tengah M Zarkasi mewakili Bupati Lombok Tengah, mengajak masyarakat bersatu padu sukseskan Pilkada 2024.


"Mari kita menjaga proses dekomrasi ini. Ini tidak hanya tentang memilih pemimpin, tapo mengukuhkan komitmen pada nilai persatuan dan kesatuan," ucap Zarkasi. 


Pemda Lombok Tengah berharap, KP dpaat terus melaksanakan tugas dan fungsinya dengan prinsip demokrasi dan menjunjung tinggi semangat demokrasi, sehingga bisa tercipta Pemilu yang berintegritas. 


"Marilah kita jaga keteritban, keamanan dan kondusifitas, sehingga pemilu bisa berjalan dengan suskes dan bermartabat," ajak Zarkasi pada saat mewakili Bupati Lombok Tengah memberikan sambutan di acara peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah. (HN)

PT. Dafy Medi Nusra